Sabtu, 26 Maret 2011

Dampak –Dampak Air Asam Tambang


Terbentuknya air asam tambang di lokasi penambangan akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Adapun dampak negatif dari air asam tambang adalah :
1.      Masyarakat Di sekitar Wilayah Tambang
Dampak terhadap masyarakat disekitar wilayah tambang tidak dirasakan secara langsung akan tetapi akan dirasakan beberapa tahun kemudian karena air yang terkontaminasi dengan asam tambang banyak mengandung logam berat seperti besi, seng yang mana bila dikonsumsi oleh masyarakat secara terus menerus maka masyarakat tadi akan menderita keracunan dan dapat mengakibat lumpuh.
2.      Biota perairan
Bila air sungai terkontaminasi dengan air asam tambang maka biota di perairan akan berkurang atau mereka tidak akan bertahan hidup.
3.      Kualitas Air Permukaan
Terbentuknya air asam tambang hasil oksidasi pirit akan menyebabkan menurunnya kualitas air permukaan.
4.      Kualitas Tanah
Tanah yang asam banyak mengandung logam berat seperti besi, tembaga seng, yang semua ini merupakan unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman, sedangkn unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman seperti fosfor, magnesium, kalsium sangat kurang. Akibatnya karena kelebihan unsur hara mikro akan menyebabkan keracunan pada tanaman, ini ditandai denagan busuknya akar tanaman sehingga tanaman menjadi layu.

Tidak ada komentar: